RSS

TAFSIR BASMALAH


Kedudukan Basmallah dalam Surah al-Fatihah
Apakah basmalah itu merupakan bagian dari surat Al-Fatihah atau hanya sebagai pemisah antar surat seperti yang kita ketahui dari surat-surat lain dalm al-Qur’an? Para ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda tentang hal ini. Ada yang mengatakan basmalah sebagai bagian dari al-Fatihah ada juga yang tidak. Sehingga terbagi beberapa kelompok, yaitu:
1.    Menyatakan bahwa basmalah adalah bagian dari al-Fatihah dan juga surat-surat lainnya dalam al-Qur’an. Karena di setiap awal surah terdapat lafadz basmalah kecuali surah at-taubah.
2.    Menyatakan bahwa basmalah merupakan bagian dari surat al-Fatihah namun bukan bagian dari surah yang lain dalam al-Qur’an. Dengan dasar. Yang berpendapat demikian seperti Imam Hamzah (Ahli Qiraat dari Kufah), bahwa basmalah  hanya merupakan bagian dari surat Al-Fatihah;  sementara untuk surat-surat yang lain basmalah tidak termasuk bagian dari surat tersebut. Hal ini didasarkan bahwa al-Fatihah adalah as-sab’ul matsani, berarti basmalah termasuk di dalamnya agar melengkapi enam ayat lainnya menjadi tujuh.
3.    Menyatakan bahwa basmalah bukan merupakan bagian dari surat al-Fatihah.
Pada hadis ini menjelaskan bahwa basmalah bukan termasuk dalam surat Al-Fatihah.
Dari Aisyah ia berkata “Rasulullah saw memulai salatnya dengan takbir dan memulai dengan Al Hamdu lillahi rabbil alamin.” H.R Muslim

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar